Selasa, 22 November 2016

C Programming : Hello World!

Assalamu'alaikum.
Postingan kali ini saya ingin membahas bahasa pemrograman selain Java, yaitu C.
Untuk source code yang akan saya bagikan sendiri akan berekstensi .c, misalnya : HelloWorld.c

Dan apapun bahasa pemrogramannya, program pertama yang biasa ditampilkan adalah program untuk menampilkan kata "Hello World" tanpa tanda petik.

Untuk editor dan compiler yang saya gunakan disini adalah DevC++.
Kalian bisa menggunakan editor C yang lain seperti Turbo C, CodeBlocks, dan masih banyak lagi.
Bahkan kalau kalian ingin menggunakan Notepad++ atau Sublime Text sebagai editor pun tidak masalah, selama kalian memiliki compiler gcc-nya.

Dan sayangnya, saya tidak akan menyediakan link download program2 yang sudah saya sebutkan tadi.. xD
Silahkan cari sendiri di google.. Ada banyak kok yang free software juga..
CodeBlocks itu free, tapi kalo DevC++, saya punyanya dikasih sih, jadinya ga tau free atau nggak.. xD

Langsung saja,
Berikut adalah contoh source code bahasa C


Kali ini saya tidak akan membagikan gambarnya, karena tampilannya cuma berupa console background hitam polos dengan tulisan biasa.

Untuk postingan selanjutnya, baru akan saya tambahkan gambar juga. :)

Sekian penjelasan singkat tentang perkenalan bahasa pemrograman C
Ingat ya.. Disini saya pakainya C, bukan C++, meskipun bahasa C sendiri bisa dicompile menggunakan compiler C++,
tapi tidak bisa dilakukan sebaliknya ya..
Dan kalo ada pertanyaan atau saran pada postingan ini, silahkan tulis di kolom komentar.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar